Diklat Administrasi HIMA Prodi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Kh. Abdul Chalim

Latar Belakang

Menciptakan organisasi yang profesional itu tidak mudah, baik itu secara personal maupun instansi organisasi itu sendiri, karena terkadang berorganisasi tidak dijadikan sebagai mediasi untuk belajar ataupun mengembangkan diri, namun hanya dijadikan sebagai formalitas atau ajang memamerkan popularitas. Hal tersebut karena
kurangnya pemahaman terkait esensi dari berorganisasi itu sendiri. Selain itu, kurangnya akses para organisator dalam memperoleh pengetahuan dan pengalaman organisasi yang lebih dalam.

Administrasi dalam sebuah organisasi seringkali dianggap sepele bahkan hampir tidak diperhatikan sehingga adanya Pelatihan yang secara khusus mengenai administrasi sangatlah sedikit dijumpai, baik dalam organisasi maupun instansi organisasi. Padahal hakikatnya hal tersebut sangatlah penting, Karena orang-orang yang terjun dalam organisasi merupakan bibit penggerak di masyarakat nantinya.

Suksesnya sebuah organisasi dapat dilihat dari bagaimana organisasi tersebut dapat mewujudkan tertib administrasi, sehingga diharapkan segala hal yang ada dapat tertata dengan baik, teratur dan sistematis. Bercermin dari hal-hal tersebut diatas, maka dalam rangka mewujudkan tertib administrasi HIMAPRODI-PBA IKHAC berinisiatif untuk menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Administrasi (DIKLAT Administrasi) dengan harapan dapat mewujudkan generasi organisator yang tertib administrasi sebagai bekal menuju SDM unggul.

Maksud dan Tujuan

Kegiatan tersebut memiliki maksud untuk memberikan pendidikan dan Pelatihan terkait administrasi sebagai bekal untuk menjalankan sebuah lembaga atau organisasi yang tertib administrasi.

Tujuan pelaksanaan kegiatan DIKLAT Administrasi adalah Membentuk mahasiswa-mahasiswa yang tertib administrasi untuk menjadi cikal bakal Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Tema

”Mewujudkan Generasi Organisatoris yang Tertib Administrasi Menuju SDM Unggul”

Waktu dan Tempat

Waktu pelaksanaan kegiatan DIKLAT Administrasi akan dilaksanakan pada hari Jumat sd Ahad, 09 -11 November 2019.
Kegiatan Lomba ini akan dilaksanakan di Villa GreenPeach Desa Claket Kecamatan Pacet, Kota Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

Struktur Panitia

Pelindung :                    Dr. KH. AsepSaifuddinChalim, MA
Dr. Mauhibur Rokhman, Lc., MIRKH
Dr. H.M. Afif Zamroni, Lc., M.E.I

Penasehat :                    Ammar Zainuddin, M.Pd.I
PenanggungJawab :    Muhammad Rifki
Ketua Panitia :              Siti Aisyah
Sekretaris :                    Fajriani Islamiah
Bendahara :                  Wulaningsih Rohimah

Seksi Acara :                Muhammad Awaluddin Katalaini

Abdulloh Sattar
Mia Magnolia
Seksi Humas :             Doni Samara
Siti Nurhayatin

Seksi Pubdekdok :     Luigi Bayu Kusuma Negara

Putri Sukma Ayu Pramesti
Seksi Konsumsi :        Hadi Prasetyo
Djian ariska
Seksi Sarpras :            Muhammad Arifin

Fauzan

Peserta

Pelaksanaan kegiatan DIKLAT Administrasi wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa  semester 3 dan 5.

Batas Pendaftaran

pendaftaran dimulai pada tanggal 12-30 Oktober 2019. Pendaftaran dilakukan dengan mendownload formulir dan kontrak forum yang disediakan panitia.

Download file

Formulir Pendaftaran Dowload disini

Kontrak Forum Dowload disini

Ketentuan Peserta

Dresscode

Perempuan

  1. Baju Putih
  2. Rok Hitam
  3. Kerudung Hitam
  4. Sepatu
  5. Kaos Kaki
  6. Trening
  7. Baju Kaos Hitam
  8. Kerudung Navy

Laki-Laki

  1. Baju Putih
  2. Celana Hitam
  3. Kopyah Hitam
  4. Sepatu
  5. Kaos Kaki
  6. Trening
  7. Baju Kaos Hitam

Peralatan Yang Harus Dibawa

  1. Bolpoin min 1
  2. Spidol Hitam Kecil
  3. Pensil
  4. Papan Alas
  5. Penggaris
  6. Map Plastick
  7. Steples + Isi min 1/kelompok
  8. Buku tulis
  9. laptop
  10.  Stop kontak (terminal Listrik) min 1/kelompok
  11. Obat-obatan pribadi

NB:

  • Haram membawa Type X atau Penghapus
  • Boleh Membawa Makanan Sebanyak-banyaknya

RONDOWN ACARA DIKLAT ADMINISTRASI

HARI/TGL WAKTU

(WIB)

AGENDA TEMPAT PENANGGUNG JAWAB
Sabtu, 09 November 2019 06:00-07:00 Penjemputan peserta   Doni dan Atin
07:00-07:30 Pembukaan   Sattar
07:30-09:30 Notulensi Rapat dan penempatan berkas

Pemateri : Fajriani

  Sattar
09:30-12:30 AD/ART

Pemateri : ka Majid

  Mia

 

12:30-13:00 ISHOMA   Aldin, korlap
13:00-15:30 AD/ART

Pemateri : ka Majid

  Korlap
15:30-16:00 Shalat Asar   Fauzan
16:00-18:00 Design

Pemateri : Puad

  Putri
18:00-19:00 ISHOMA   Fauzan, korlap
19:00-22:00 Materi Persidangan pemateri : Aldin   Rini
22:00-22:15 Ice Breaking   Korlap
22:15-01:00 Materi Persidangan pemateri : Aldin   Rini
Minggu, 10 November 2019 01:00-04:00 Istirahat /Tidur   Korlap
04:00-05:00 Shalat Subuh   Sattar
05:00-05:30 Senam ringan   Bayu
05:30-06:00 Persiapan   Korlap
06:00-12:00 Surat Menyurat

Pemateri : Mia

  Aldin
12:00-12:30 ISHOMA   D. Humas
12:30-15:00 Materi Proposal

Pemateri : Ka Majid

  Sattar
15:00-15:30 Sholat ashar   Sattar
15:30-18:00 Materi Proposal

Pemateri : Ka Majid

  Arifin
18:00-18:30 ISHOMA   Doni, korlap
18:00:00:30 Materi LPJ

Pemateri : Ka Majid

  Aldin
 

 

Senin,  11 November 2019

12:30-04:30 Istirahat   Korlap
04:30-05:00 Shalat subuh   Sattar
05:00-05:30 Senam ringan   Bayu
05:30-06:30 ISHOMA   Sattar korlap
06:30-07:30 Evaluasi   Aldin
07:30-09:30 Outbound   Bayu dan Doni
09:30-10:30 Persiapan pulang   Sattar
10:30-11:30 Penutupan dan pembagian Hadiah   Aldin
11:30-selesai SAYONARA   Sie. Acara dan korlap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *