Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

 

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH

Karya Tulis Ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya. Fakta yang disajikan berupa fakta umum yang obyektif (mengenai keadaan yang sebenarnya tanpa dipengaruhi pandangan pribadi). Namun, disini kita tidak membahas mengenai perihal diatas.

Dalam hal penulisan ilmiah ini, lebih dikhususkan membahas mengenai Pendidikan Bahasa Arab, lebih tepatnya yaitu pembelajaran bahasa Arab. Sebab bahasa Arab adalah bahasa yang menarik dan mudah dipelajari. Namun pada nyatanya, masih banyak orang yang enggan untuk mempelajari bahasa Arab. Di sebabkan, saat ini masyarakat masih terkendala dengan metode yang rumit dan sulit. Opini umum yang ada, menganggap bahwa belajar bahasa Arab memerlukan waktu yang lama dan harus menekuninya di pesantren sampai puluhan tahun. Dengan waktu belajar selama itupun belum dapat menghasilkan kemampuan yang memadai. Hal ini terutama disebabkan karena metode yang ada cukup rumit dan sulit. Belum ada metode yang praktis, sederhana, sekaligus komprhensif. Kebanyakan titik tekan proses belajar yang ada saat ini hanyalah pada salah satu aspek saja, seperti: membaca atau muhaddatsah saja. Dan juga, belum ada inovasi supaya bagaimana Pembelajaran bahasa Arab tidak sulit untuk diterapkan di masyarakat.

Melihat Situasi yang telah disebutkan di atas, pada saat ini pembelajaran bahasa Arab belum menemui titik terang. Karena pembelajaran bahasa Arab yang diterapakan belum efektif dan efisienĀ  ke seluruh wilayah Indonesia, sebab masih banyak masyarakat Indonesia yang beranggapan negatif terhadap pembelajaran bahasa Arab. Salah satu solusi untuk dapat mengatasi problematika yang menjadi siklus saat ini adalah mencari ide atau gagasan untuk memecahkan masalah tersebut. Sehingganya, diharapakan seluruh peserta mempersiapkan gagasan pemikirannya melalui Karya Tulis Ilmiah yang telah ditulis tersebut dapat memberikan pemikiran solutif dan aplikatif mengenai realita dan menggugurkan stigma yang kompleks terhadap pembelajaran bahasa Arab di Indonesia. Sehingga, memacu pemikiran para delegasi dalam iklim kompetisi dan menjadi bekal dalam mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Festival Nasional MADINAH II 2020. Karya Tulis Ilmiah yang dimaksud bukan merupakan laporan penelitian yang eksperimental.

Download Juknis LKTI Disini!

Untuk Pendaftaran Klik Disini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *