MADINAH IKHAC 2019

  1.  Latar Belakang

Dulu pada masa setelah mundurnya kerajaan-kerajaan besar Islam perhatian dunia terhadap Bahasa Arab nampak meredup, namun dengan seiring berjalannya waktu berdasarkan Permintaan dari Kerajaan Arab Saudi dan Maroko kemudian diresmikannya Hari Bahasa Arab seDunia pada tanggal 18 Desember 2010. Ini adalah Wakil ketua dewan pelaksana UNESCO , Ziyad bin Abdullah Al-Durais mengatakan, “Dengan ketetapan ini maka momen tersebut menjadi salah satu agenda tahunan UNESCO dan akan di peringati setiap tanggal 18 Desember”. Al-Durais Membersihkan Dewan Pelaksana UNESCO dalam Bahasa Indonesia, Indonesia dan Bahasa Indonesia dari 22 negara anggota UNESCO, Selain itu, lebih dari 422 juta warga Arab dan lebih dari 1,5 juta Muslim, ini.

Mengingat pentingnya perbaikan Bahasa Arab kami sebagai Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di Institut Pesantren KH. Abdul Chalim ingin memanfaatkan kesempatan tersebut dalam bentuk kegiatan, yaitu mengadakan lomba bernama Mihrojan Littihadi Ghoiri Nathiqin Billughotil ‘Arobiyyah (MADINAH) yang artinya Festival Bahasa Arab untuk persatuan Orang-Orang non Arab dan terdiri dari: Lomba Khitobah, Ghina’ Arobiy dan Video Blog (dalam Bahasa Arab). Untuk meningkatkan semangat belajar dalam konteks Arab dan menumbuhkan semangat pelajar dalam berkreatfungsi dalam dimensi Arab dikalangan pelajar khususnya di tingkat menengah atas.

2. NAMA DAN TEMA KEGIATAN

Nama Kegiatan:

Mahrojan Littauhidi Ghoiri Nathiqin Billughoh ‘Arobiyah (MADINAH)

“Festival Bahasa Arab Untuk Mempersatukan Para Ghoiru an-Natiqin”

Tema Kegiatan:

”Menyiarkan Bahasa Arab di Nusantara sebagai Wujud Kreativitas Semangat Generasi Muda”

3. MAKSUD DAN TUJUAN

Kegiatan yang tergolong Lomba Madinah adalah Untuk meningkatkan semangat belajar bahasa Arab dan ingin tahu berapa banyak kemampuan Arab dikalangan pelajar. Tujuan pelaksanaan kegiatan Lomba adalah memajukan bangsa Indonesia dalam dimensi Arab, meningkatkan eksistensi mendasar Arab dan menyadarkan masyarakat Islam akan memperhatikan belajar bahasa arab aslam islam.

FORMULIR PENDAFTARAN MADINAH IKHAC 2019 Klik disini

BUKU PANDUAN MADINAH IKHAC 2019 Klik disini